ciri merpati terbang tinggi nitik

Bagi Anda yang baru ingin terjun ke dalam dunia perlombaan hewan, maka Anda patut untuk melirik merpati tinggian sebagai hewan andalan Anda. Pasalnya, sekarang jenis burung ini menjadi primadona di kalangan pecinta perlombaan hewan. Namun Anda tentunya harus memiliki referensi terlebih dulu tentang bagaimana cara memilih merpati tinggianterbaik.

Kualitas yang tinggi dari seekor merpati tinggian akan mengantarkan Anda menjadi juara dari semua perlombaan, apabila Anda mengerti bagaimana cara merawatnya dengan benar. Tapi sebelum belajar merawat, ada baiknya Anda memilih dulu merpati tinggian Anda. Berikut adalah cara tepat yang bisa Anda gunakan dalam memilih merpati tinggian juara.

  1. Perhatikan Bagian Kaki

Mari kita mulai dari tampilan fisik yang paling bawah yaitu kaki. Kaki merpati tinggian yang sehat dan dapat berpeluang menjadi juara dalam lomba biasanya digambarkan dengan bentuk yang bersisik dan panjang. Ketika dipegang atau ditarik sedikit, secara langsung kakinya akan terdorong ke belakang hingga sejajar dengan bagian ekornya.

  1. Perhatikan Bagian Ekor

Setelah kakinya sejajar dengan bagian ekor, merpati tinggian terbaik dipercaya memiliki ekor yang bulunya tebal serta rapat. Panjang bulu merpati tinggian yang bagus juga akan sesuai dengan kelenturan dan pegangannya. Ketika Anda mencoba memegangnya, ekor ini nampak seperti menyatu secara otomatis.

Menurut beberapa pakar, hal itu disebabkan karena pinggang merpati tinggian ini kecil. Merpati tinggian yang berpinggang kecil biasanya dapat turun dengan cepat. Selain itu, ekor yang bagus akan menjadi salah satu faktor penting saat burung tinggian ini mengerem ketika sedang terbang.

  1. Perhatikan Bagian Bahu

Naik sedikit ke bagian atas, Anda harus mengecek bagian bahu dari merpati tinggian pilihan Anda sebelum dibeli. Bahu merpati tinggian yang sehat akan terlihat kuat namun cukup lentur. Selain itu bahu kiri dan kanan yang dimiliki merpati tinggian ini juga harus berada dalam posisi yang seimbang dan tebal.

  1. Perhatikan Bagian Dada

Di pertengahan bahu merpati tinggian, akan ada dada yang menjadi salah satu faktor penentu juga dari sehat atau tidaknya burung merpati yang satu ini. Sebagian orang percaya bahwa bentuk dada merpati tinggian yang terlihat membentuk huruf V di bagian depan dapat membuat mereka cepat dalam turut ketika sedang terbang.

Maka dari itu banyak yang menyarankan bila untuk bertanding, Anda jangan memilih burung merpati tinggian yang dadanya berbentuk datar saja atau pun berbentuk O. Setelah mengecek bagian dada, raba juga bagian tulangnya. Merpati tinggian yang bugar akan memiliki tulang dada yang panjangnya seperti telunjuk orang dewasa atau bahkan berukuran sama.

  1. Perhatikan Bagian Sayap

Pada bagian yang satu ini, Anda dapat memilih merpati tinggian yang memiliki sayap yang kuat, namun tetap lentur dan tidak kaku. Selain itu sebisa mungkin pilihlah yang bulunya lebar, kencang, rapat, dan tidak bergelombang. Tulang bulu sayap merpati tinggian yang bugar juga harusnya kuat tapi lentur pada setiap ujung bulunya.

  1. Perhatikan Bagian Leher

Naik sedikit ke bagian leher si burung merpati tinggian. Di sini Anda bisa melihat dan membandingkan leher merpati pilihan Anda satu sama lain. Sebaiknya Anda mengambil merpati tinggian yang ukuran lehernya sedikit lebih pendek jika dibandingkan dengan tulang dada. Jangan memilih leher yang kuat tapi panjang.

Salah satu cara mengamati bagian leher ini ketika si merpati tinggian sedang menengadah ke arah atas. Cobalah perhatikan bagian lehernya, apakah kuat, kencang ketika tertarik, atau tetap tegap saat ia melakukan itu. Sebab burung merpati tinggian yang bagus akan memiliki leher seperti itu.

  1. Perhatikan Bagian Paruh

Paruh yang dimiliki oleh burung memang sangat vital fungsinya, apalagi bagi mereka yang akan diperlombakan seperti burung merpati tinggian ini. Sebagai saran, jatuhkan pilihan Anda pada merpati yang paruhnya nampak runcing namun tidak terlalu besar ukurannya.

Selain itu, pilih juga yang ukuran panjangnya mulai ujung hidung hingga ujung paruh terlihat sedikit pendek dari jarak antara pangkal hidung hingga ke batok kepala depan yang paling atas. Bentuk paruh seperti ini akan mengantarkan merpati tinggian Anda menjadi juara.

  1. Perhatikan Bagian Bulu

Merpati tinggian yang bugar akan terlihat dari bulunya yang mengkilap dan berkilauan saat terpapar sinar matahari. Pada bagian ujung dari bulunya, merpati tinggian biasanya berbentuk bulat serta tidak lancip. Pengamat juga membuktikan bahwa merpati tinggian dapat terbang tinggi dengan stabil jika memiliki 4 bulu luar yang selisih panjangnya mencolok dari bulu yang lain.

Jangan khawatir untuk memilih apakah yang harus dipilih adalah merpati tinggian dengan bulu yang basah atau kering. Sebab hingga hari ini belum ditemukan perbedaan signifikan di antara keduanya. Merpati dengan bulu basah atau kering memiliki peluang yang sama dalam memenangkan lomba.

  1. Perhatikan Bagian Tulang Supit Udang

Pada bagian tulang supit udang ini juga sangat berpengaruh pada kondisi burung merpati tinggian Anda saat akan mendarat ketika terbang. Sebagai referensi, jatuhkan pilihan Anda pada merpati tinggian yang jarak capit udangnya sekitar 2 atau 1 cm. Dengan jarak seperti itu, merpati tinggian ini biasanya dapat mendarat secara stabil dan juga mengatur kecepatannya saat akan turun.

Ada yang pernah mengatakan bahwa merpati tinggian harus memiliki capit yang sempit. Itu jelas anggapan yang salah. Capit yang terlalu sempit atau cenderung bengkok justru membuat merpati ini akan goyah saat berusaha untuk mendarat. Kerangka tulang yang dimiliki oleh merpati tinggian juga harus kokoh dan kuat ketika diraba dari tulang supitnya.

  1. Perhatikan Bagian Hidung

Sekarang mari kita naik ke bagian atas dari merpati tinggian ini. Aturan dasar yang harus Anda pahami adalah hidung yang bagus terlihat panjang, berbentuk besar, sedikit menggembung namun jelas bukan dari turunan prambon Merpati Pos. Dengan bentuk hidung seperti itu, saat warna kapur pekat, maka pangkal hidung yang berada di bagian bawah akan secara otomatis menjorok ke belakang.

  1. Perhatikan Bagian Mata

Ketika Anda memilih burung merpati tinggian, Anda sebaiknya menatap mata burung itu dengan saksama. Burung yang unggul biasanya memiliki biji mata yang hitam pekat. Selain itu, matanya akan membesar dan mengecil jika mendapat rangsangan terhadap cahaya apapun.

Selain itu, mata merpati tinggian yang bagus dapat dilihat dari cincin lingkar yang menyatu dalam biji matanya. Terkadang cincin lingkar ini berwarna hijau atau yang lain. Sempatkan waktu Anda untuk memilih merpati dengan 2 warna mata. Biasanya yang banyak menang lomba adalah berwarna mata kuning muda dan kuning tua, merah tua dengan hijau tua, atau merah mudah dengan putih.

  1. Perhatikan Postur Tubuh Secara Keseluruhan

Sebagai penutup, maka Anda bisa melihat postur tubuh merpati tinggian Anda. Sebaiknya pilih yang posturnya berbentuk seperti jantung pisang atau njantung.Pilih juga merpati yang ketika Anda sentuh dagingnya nampak lentur serta merpati yang apabila dipegang bagian depannya akan terasa lebih berat.

Itulah tadi berbagai referensi cara memilih merpati tinggian yang baik dan benar. Pastikan Anda memilih dengan saksama dan teliti. Luangkan waktu Anda dan jangan pernah terburu-buru dalam memutuskan pilihan. Memilih urung merpati tinggian yang akan menjadi juara memang membutuhkan strategi sendiri.

Jika Anda mengikuti arahan di atas, maka Anda pasti dapat memenangkan banyak perlombaan. Sebagai tambahan, cara merawat burung ini juga akan menentukannya. Sebab percuma jika merpati tinggian memiliki semua ciri di atas jika Anda tidak melatihnya dengan baik. Maka selamat mencoba! Bookmark Kami di https://www.muigwithania.com/ciri-merpati-terbang-tinggi-nitik/