Gimana Sih Tips Beli HP Android agar Nggak Kecewa

HP atau smartphone Android saat ini sudah menjadi kebutuhan yang nggak bisa terlepaskan. Apa pun kegiatan kita, pasti butuh banget yang namanya HP, entah buat mendengarkan lagu, memesan ojek online, pesan makanan, pesan tiket bioskop, dan sebagainya. Karena hampir setiap orang membutuhkannya, nggak heran sekarang semakin banyak pilihan HP Android.

Mulai dari tipe, model, merk, sampai spesifikasi semakin beragam mengikuti permintaan pasarnya. Masalahnya, semakin banyak produk HP yang dijual, masyarakat terkadang pusing mau pilih yang mana, entah HP bekas atau pun baru. Nggak jarang orang menyesal dan kecewa saat sudah membelinya karena nggak sesuai ekspetasi atau keinginannya.

Makannya deh, biar kamu nggak salah beli, coba kamu lihat tips-tips beli smartphone Android yang baru mau pun bekas.

Tentukan Budget

Yang pertama kamu lakukan yaitu menentukan budget-nya dulu. Tiap orang pasti punya anggaran yang berbeda-beda, ada yang di bawah Rp 1 juta, ada juga yang mahalnya sampai belasan juta. Kalau kamu sudah memberikan pembatasan di anggaranmu, artinya kamu juga sudah membatasi pemilihan HPmu. Pastinya rentang harga yang sudah ditentukan juga akan mempengaruhi spek mau pun fitur HP-nya.

Kalau kamu punya budget yang lebih, kamu akan mendapatkan spek yang pasti gahar. Beda lagi loh kalau kamu punya budget terbatas, spek yang didapat juga nggak selengkap yang mahal. Tapi tenang saja kok, sekarang ini banyak produsen HP yang sudah menawarkan harga murah dengan spek yang mendukung.

Mempertimbangkan Kebutuhan

Setelah kamu sudah menentukan anggaran, selanjutnya kamu harus mempertimbangkan kebutuhan smartphonemu. Coba kamu pertimbangkan dulu fitur-fitur dan spek lainnya apa yang memang benar-benar kamu butuhkan. Nah, buat kamu yang memilih HP-HP yang mahal, biasanya speknya lebih mendukung dengan kegiatan sehari-hari. Tapi ada juga beberapa fiturnya yang memang nggak perlu dibutuhkan sehingga bisa menjadi fitur nggak berguna buatmu.

Baca Juga: Game Perang Offline di Android Paling Terbaik

Makannya, coba kamu catat dulu kebutuhan-kebutuhan apa saja yang memang kamu perlukan di dalam smartphone-nya. Entah itu buat sehari-hari atau buat kegiatanmu tertentumu.

Waspadai Perubahan Teknologi

Teknologi cepat banget berkembang dari tahun ke tahun. Nggak heran kalau kamu harus mewaspadai perkembangan apa saja yang akan terjadi pada teknologi di HP Android. Tentunya dengan adanya perubahan itu kamu juga harus siap dengan kebiasaan penggunaan yang biasanya kamu lakukan sehari-hari, apalagi yang berhubungan dengan aksesoris.

Misalkan kalau smartphone Android mengalami perubahan pada colokan audionya. Kamu harus bisa memastikan aksesoris earphone yang dipilih sesuai dengan colokannya. Kalau memang nggak muat, kamu bisa menambahkannya dengan memakai earphone bluetooth atau pun colokan eksternal.

Pemilihan Dapur Pacu

Dapur pacu pada HP Android merupakan hal yang sangat penting kamu harus pertimbangkan. Entah itu dari prosesornya, RAM, CPU, dan sebagainya. Prosesor merupakan salah satu dari bagian dapur pacu yang menentukan bagaimana kecepatan HP itu. Semakin bagus prosesornya, tentu akan semakin lancar kamu membuka berbagai macam aplikasi, bermain game, edit video, dan sebagainya.

Umumnya jenis prosesor yang dipakai menandakan kelas HP-nya. Dari jenis proses yang dipakai, tentu ada tipenya yang berbeda-beda. Selain itu, tiap jenis prosesor punya pengaruhnya masing-masing pada update driver-nya, karena sudah berhubungan langsung dengan driver yang digunakannya dan optimasi chipset-nya.

Nggak hanya prosesornya saja yang bisa mempengaruhi dapur pacu HP Android. Masih ada RAM yang tentunya bisa mendukung kemampuan multitasking HP tersebut. Semakin besar kapasitas RAM yang disematkan, berarti HPnya akan semakin gampang buat membuka beberapa aplikasi sekaligus. Bahkan buat melakukan pemindahan layarnya saja semakin cepat hanya per sekian detik saja.

Perhatikan Kapasitas Penyimpanan

Nah, selain dari dapur pacu yang bisa mempengaruhi kecepatan HP dari Android, kamu juga harus memperhatikan kapasitas penyimpanannya. Setiap produsen tentu punya ciri khasnya dengan besar kapasitas smartphone yang mereka sediakan. Kalau kamu suka fotografi, main game di HP, atau menonton film, sebaiknya pilih yang kapasitasnya lebih besar saja.

Pastikan juga kalau memang kamu nantinya mau menambahkan memori lagi, lebih baiknya juga kamu perhatikan ketersediaan slot memori eksternal. Ingat ya, nggak semua merk atau tipe smartphone yang menyediakan slot tambahan buat kapasitas penyimpanannya, jadi perhatikan seksama dulu agar penyimpanannya bisa sesuai dengan kebutuhanmu.

Sudah jelas kan gimana memilih HP Android tanpa harus kecewa atau menyesal lagi? Memang sih membeli smartphone bekas atau pun baru bukan hal yang susah. Tapi karena semakin banyaknya pilihan, tentu buat kamu bingung mau pilih yang mana. Makannya, biar nggak salah pilih, ikuti tips di atas ya.

Tags: