Inilah Cara Membuat Jamu Merpati Balap Juara Anti Gagal

Merpati merupakah salah satu jenis burung yang sangat disukai oleh manusia. Selain dijadikan sebagai peliharaan, merpati tertentu seperti merpati balap ternyata dapat dipersiapkan untuk mengikuti lomba di berbagai daerah. Namun untuk menghasilkan seekor merpati juara, diperlukan berbagai perawatan yang khusus, termasuk memahami cara membuat jamu merpati balapyang benar.

Pada artikel kali ini akan disajikan berbagai racikan jamu yang bisa diberikan kepada merpati balap kesayangan Anda. Tetapi sebelum itu ada berbagai hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu dalam rangka mempersiapkan merpati balap Anda menjadi pemenang. Semuanya akan diulas dalam artikel ini, jadi perhatikan dengan baik ya.

Anda Tidak Bisa Menambah Kecepatan Seekor Merpati Balap

Ya, mungkin bagi Anda yang sudah terbiasa memelihara merpati tentu paham akan hal ini. Seekor merpati balap tidak bisa terbang dengan kencang melebihi kekuatannya. Anda tidak bisa seketika membuatnya terbang sesuai dengan keinginan Anda, meski itu Anda lakukan untuk membuatnya menang.

Namun ketahuilah bahwa itu mustahil. Anda tidak bisa memprediksi bagaimana kecepatan terbang dari merpati balap yang Anda miliki. Anda hanya bisa menjaga atau bahkan menambah stamina yang dimilikinya agar dapat terbang maksimal. Penambahan stamina ini tentu didapatkan dari makanan dan minuman dari si merpati.

Anda bisa menjaga makanan dan minuman merpati balap tersebut agar kondisinya tetap prima. Jangan ragu menambahkan vitamin yang aman setiap harinya. Usahakan agar kondisi prima tersebut tetap stabil. Selain dengan vitamin, Anda juga bisa menambahkan ramuan jamu sehat seperti yang dilakukan oleh orang lain.

Inilah Racikan Jamu Alami Untuk Merpati Balap

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan racikan jamu dari pabrik, Anda bisa mencoba untuk mengolah jamu alami sendiri di rumah. Ada berbagai racikan jamu yang akan disajikan di sini. Pertama, racikan jamu yang berbahan jahe, kunyit, temulawak, teki, madu, dan telur bebek.

Racikan kedua terdiri dari sarang burung walet jika Anda punya, 5 sdm kencur, 3 butir telur ayam kampung atau telur bebek, sekitar 10 sdm kunyit dan madu murni, seujung jempol temu kunci, serta 5 buah ubi rumput teki.

Kemudian racikan ketiga terdiri dari sarang burung walet 3 mangkok, telur bebek sekitar 9 biji dan jangan buang bagian warna putihnya karena akan digunakan untuk merekatkan, gingseng royal jelly 3 botol, tienjik bubuk 1 botol, 3 biji kuda laut yang ditumbuh menjadi halus. Selanjutnya ada yosem, temu lawak, temu ireng, dan temu kunci bubuk sebanyak ½ ons, kolesom 1 gram, dan terakhir 3 sdm madu alami.

Baca Juga Yuk: Ciri Merpati Terbang Tinggi Nitik

Racikan terakhir terdiri dari telur bebek 5 hingga 7 butir, sarang burung walet sejari kelingking, lalu pasak bumi, gingseng, lengkuas merah, dan daun sendokan bubuk sebanyak ½ ons. Kemudian ada temu kunci, kunyit, umbi rumput teki, temulawak, dan tapak liman serbuk sebanyak ¼ ons. Tambahkan juga kopi bubuk asli sebanyak 1 sdm dan terakhir madu asli secukupnya.

Saatnya Meracik Jamu Tradisional Untuk Menambah Stamina Merpati Balap

Jadi semua racikan jamu yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya dapat diracik dengan cara yang sama ya. Jangan takut gagal karena caranya sangat mudah. Mari kita mulai.

Apa yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah harus memilih racikan manakah yang akan Anda ikuti. Pilih saja bahan-bahan yang sesuai dengan apa yang Anda miliki di rumah atau yang masih bisa diusahakan. Setelah sudah menentukan pilihan, Anda tinggal mencampurkannya saja.

Campuran pertama terdiri dari bahan-bahan yang bersifat lunak, seperti madu dan kuning telur. Satukanlah semuanya ke dalam sebuah wadah dan aduk hingga kental dan tercampur dengan rata.

Sedangkan untuk bahan-bahan seperti kunyit dan temulawak, Anda bisa membakarnya dahulu sebelum digunakan. Setelah itu parut dan tumbuklah semuanya sampai halus dan campur semuanya dengan bahan-bahan lain.

Tahap selanjutnya, Anda tinggal mencampurkan semua bahan-bahan tadi dengan bahan lunak yang telah dicampur rata. Ingat untuk tetap mengaduknya hingga sudah terlihat kental dan rata.

Jika sudah selesai, Anda harus menjemurnya lagi di bawah sinar matahari langsung. Tapi jangan sampai terlalu kering juga. Angkat ketika Anda sudah merasa adonan tersebut telah setengah kering.

Proses terakhir, Anda tinggal membuat bulatan-bulatan kecil seperti obat dari adonan setengah kering ini. Lakukan sampai adonan tersebut habis. Kemudian jemur lagi, kali ini biarkan bulatan-bulatan tersebut menjadi benar-benar kering.

Proses Memberikan Jamu Racikan Kepada Merpati Balap

Bulatan-bulatan jamu yang sudah kering tadi kini siap Anda berikan kepada merpati balap kesayangan Anda. Berikan saja maksimal 3 butir setiap malamnya. Namun ingat, merpati balap yang bisa meminum jamu ini adalah yang benar-benar dalam kondisi bugar. Jangan berikan kepada merpati yang sedang sakit jika Anda tidak ingin merpati Anda mati.

Racikan jamu di atas adalah berbentuk bulat dan bukan cair. Maka dari itu, jika Anda ingin memberikan jamu namun dalam bentuk spet atau jarum suntik, Anda bisa meraciknya dengan bahan-bahan di bawah ini.

Racikan Jamu Untuk Merpati Balap Juara

Siapkan jahe dan kunyit besar seruas ibu jari. Lalu ambil satu butir telur bebek dan teki secukupnya. Kemudian simpan air mineral sebanyak 300 ml dan madu 5 ml. Kini jamu siap Anda racik.

Saatnya Membuat Jamu Untuk Merpati Balap Juara

Serupa dengan racikan jamu yang berbentuk bulatan tadi, Anda harus membakar bahan-bahan yang keras seperti teki, jahe, dan kunyit lalu ditumbuk. Didihkan air 300 ml kemudian masukkan bahan yang sudah ditumbuk dan dibakar itu hingga mendidih lalu tiriskan. Terakhir, campurkan telur bebek dan madu, aduk sampai merata.

Proses Memberikan Jamu Untuk Merpati Balap Juara

Biarkan air hingga dingin. Ingat, untuk seekor merpati Anda hanya perlu memberikan 5 ml saja untuk seekor merpati balap. Suntikkan ramuan jamu tadi ke dalam paruh merpati balap secara langsung.

Jadi itulah tadi berbagai jenis racikan jamu untuk diberikan kepada burung merpati balap jagoan Anda. Anda bisa memilih mana yang terasa lebih pas dan sesuai dengan kondisi tubuh burung merpati balap Anda. Jika tidak ingin repot, Anda juga sebenarnya dapat membeli langsung jamu penambah stamina tersebut di toko hewan atau dokter hewan terdekat.

Baca Juga: Penyakit Pada Burung Merpati Beserta Cara Mengobati

Akan tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa jamu penambah stamina yang diracik sendiri akan lebih bagus dibanding jamu yang mungkin sudah mengandung bahan kimia. Sebab ketika Anda sendiri yang meraciknya, Anda dapat memilih bahan-bahan alami yang lebih berkualitas. Sehingga dapat memberikan hasil yang lebih bermanfaat dan maksimal.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dan membantu dalam proses pembuatan jamu racikan untuk burung merpati balap. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan sangkar burung merpati dan memberinya makanan dan minuman yang sehat. Agar jamu yang Anda racik dapat bekerja dengan baik untuk menghasilkan stamina yang luar biasa. Selamat mencoba!