Cara Memilih Merpati Balap Berkualitas

Indonesia hari ini ramai dengan banyaknya perlombaan yang dikhususkan bagi para pecinta burung, seperti lovebird atau merpati. Jika lovebird diperlombakan untuk mendapat juara suara ngekekterpanjang, maka pada merpati diperlombakan kecepatan terbangnya. Salah satu burung merpati yang sering diperlombakan adalah merpati balap. Bagi Anda yang pemula mungkin cukup sulit mengidentifikasi cara memilih merpati balapyang benar.

Tetapi jangan khawatir. Karena jika Anda paham bagian apa yang harus dilihat dari merpati balap juara ini, maka Anda akan mahir dengan sendirinya. Kalau begitu langsung saja kita lihat pada pembahasan di bawah ini. Ingat jangan sampai ada poin yang tertinggal ya.

  1. Perhatikan Postur Tubuh Secara Keseluruhan Terlebih Dahulu

Sebelum mulai memeriksa ciri yang lain, Anda bisa melakukan penilaian pertama dengan melihat sekilas ke postur tubuh burung merpati balap pilihan Anda. Seperti manusia, postur tubuh merpati balap seharusnya ideal, yang mana ia tidak kurus atau terlampau gemuk.

Selain itu harus dipahami juga bahwa burung merpati balap yang sehat adalah ia yang tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu montok. Jadi yang sedang-sedang saja. Mengapa seperti itu? Sebab postur tubuh yang berlebihan entah terlalu kecil atau besar akan sangat berpengaruh pada merpati balap saat terbang.

Karena burung merpati balap diperlombakan untuk memperebutkan juara terbang cepat, maka postur yang baik tentu saja dapat membuatnya terbang dengan bebas bobot tubuh berlebihan dan dapat membuatnya lebih lincah.

  1. Perhatikan Bagian Ekornya

Setelah memantau secara keseluruhan postur tubuh dari merpati balap yang akan Anda beli, Anda bisa langsung memerhatikan bagian ekornya juga. Diketahui bahwa merpati balap yang oke untuk dibawa bertanding adalah ia yang seharusnya memiliki bulu ekor tebal, kokoh, serta rapat. Namun ingat, meski tebal dan kokoh, ekor merpati tersebut juga haruslah lentur.

Jika Anda bertanya bagaimana dengan panjangnya, maka sebisa mungkin pilih sayap yang ukuran panjang ekornya masuk kategori proporsional. Anda juga bisa memegang ekor burung merpati balap itu, jika tetap turun ke bawah berarti ia pilihan yang bagus untuk Anda bawa pulang.

  1. Perhatikan Bagian Perutnya

Karena pada bagian pertama sudah dijelaskan bahwa postur tubuh yang ideal haruslah tidak terlalu besar dan tidak terlalu kurus, maka pada bagian ini Anda dapat memperjelasnya dengan meraba perut merpati balap Anda. Bagi merpati balap yang bisa dibawa bertanding, pada bagian perut seharusnya ia berisi namun lentur. Bukan sebaliknya.

Baca Juga: 5 cara memilih merpati tinggi

  1. Perhatikan Bagian Pinggang atau Brutunya

Saat terbang, bagian pinggang atau brutu dari merpati balap akan sangat berpengaruh pada kestabilannya. Maka coba Anda cek dulu bagian ini dan lihat, jika pinggangnya berjarak tidak renggang atau rapat dari badannya, maka burung merpati itu sudah pasti memiliki keseimbangan yang bagus.

  1. Perhatikan Bagian Kakinya

Hampir serupa dengan merpati tinggian, pada merpati balap yang dapat menjadi juara dalam perlombaan akan memiliki kaki yang panjang dan kering. Anda bisa juga mencoba untuk memegang kaki merpati balap Anda, jika terdorong dengan sendirinya ke belakang hingga sejajar dengan bagian ekor, maka itu berarti kaki merpati tersebut sangat bagus.

  1. Perhatikan Bagian Tulangnya

Merpati balap yang sehat biasanya memiliki bentuk tulang sayap yang merit atau bagian pangkalnya besar namun semakin ke ujung semakin mengecil. Pada bagian tulang sayap, ia juga harus lebih rapat, keras, dan juga tebal. Untuk bagian sendi di pangkal sayap kanannya, biasanya berbentuk bulat dengan ukuran sisi kanan dan kiri yang sama.

Pilih juga yang tulang dadanya kalau bisa melengkung sedikit demi mengurangi hambatan angin saat burung merpati balap ini terbang. Untuk perlombaan terbang jarak jauh, Anda harus memilih merpati balap yang bertulang dada panjang dan pendek. Tetapi biasanya dengan jarak terbang yang jauh, maka merpati ini biasanya dapat terbang dengan tinggi.

  1. Perhatikan Bagian Sayapnya

Secara umum, sayap merpati yang bugar akan terlihat dari ketebalannya, kerapiannya, kepanjangannya, kelebarannya, hingga kerapatannya. Selain itu untuk persoalan bentuk sayap, merpati balap yang biasanya diikutkan lomba haruslah yang memiliki bentuk sayap rata dari ujung hingga pangkal dan lebih menyerupai bentuk daun pisang.

Untuk informasi, merpati balap memiliki dua bagian sayap yaitu sayap sekunder dan primer. Ia akan terbang dengan kecepatan maksimal dengan kondisi kedua sayap yang lengkap. Biasanya pada bagian sayap primer juga akan berjumlah 10 helai.

  1. Perhatikan Bagian Bulu Halusnya

Untuk seekor merpati balap yang siap diperlombakan biasanya memiliki ciri bulu halus yang berbeda dari yang lain. Misalnya air tidak akan melengket pada bulu seperti burung pada umumnya. Selain itu, bulu merpati balap yang bagus juga nampak licin. Bulu yang licin ini membuatnya akan terlihat mengkilap dan juga bercahaya.

  1. Perhatikan Bagian Kepalanya

Seperti bagian postur tubuh, kepala merpati juga seharusnya ideal atau proporsional namun cenderung sedikit lebih besar. Jika Anda pernah melihat bentuk pinang muda, maka seperti itulah seharusnya bentuk kepala merpati balap, tidak terlalu besar ataupun kecil.

Selain kepala, leher merpati juga haruslah pendek dan tidak terlalu panjang namun tetap terlihat tegak dan proporsional. Dengan bentukan leher seperti itu, merpati dapat berada dalam posisi terbang yang stabil.

  1. Perhatikan Bagian Matanya

Jika Anda pecinta burung sejati, maka mungkin Anda akan sering memerhatikan bagian mata dari burung-burung yang pernah Anda temui. Tahukan Anda jika mata burung-burung tersebut sebenarnya berbeda satu sama lain dari segi warna. Perbedaan itu turut menentukan ciri dan kemampuan mereka.

Pada burung merpati balap yang biasa menjadi juara, matanya akan terlihat lebih jernih daripada jenis burung yang lain. Kejernihan matanya ini sebagian besar akan berwarna kuning dengan warna hitam pada bagian kornea. Korneanya juga terlihat bening namun kecil.

Baca Yuk: 12 ciri merpati terbang tinggi nitik

Tetapi banyak juga orang yang mengatakan bahwa selain berwarna kuning, mata merpati balap yang berwarna putih atau merah dan bersih juga masih bisa dianggap sehat. Asalkan kornea matanya tetap hitam, bening, dan berbentuk kecil. Selain itu, biji matanya juga harus berbentuk bulatan penuh.

Jadi itulah tadi kesepuluh ciri memilih merpati balap yang bisa disajikan dalam artikel kali ini. Jika memang berniat untuk terjun ke dalam dunia perlombaan burung seperti ini, ada baiknya Anda memang memerhatikan langkah awal dalam membeli merpati balap terlebih dahulu.

Merpati balap yang sudah memiliki ciri seperti yang dijelaskan di atas, tentu akan memiliki peluang lebih besar untuk menjadi pemenang daripada burung merpati balap yang tidak memenuhi ciri tersebut. Sekarang tinggal bagaimana cara Anda dalam melatih dan memberi makan merpati balap peliharaan Anda.

Selain menjaga makan dan pola latihannya, Anda harus mempertimbangkan untuk bertanya pada penjualnya terlebih dahulu, peranakan apakah burung merpati balap yang Anda beli itu. Mengetahui peranakan atau indukan dari merpati balap Anda dapat membaut Anda waspada akan faktor genetik bawaannya. Jadi selamat memilih dan pilihlah dengan benar ya!